Serba-Serbi Ramadhan

31 Jul 2012

Bismillahirrahmaanirrahiim..

Serba serbi Ramadhan..
Selamat dini hari para pengunjung blog yang kusayangi..semoga hari ini diantara Anda yang Muslim oleh Allah Yang Maha Pemurah diberi kesehatan, kekuatan, kesabaran, kesegaran serta diberi kemudahan untuk menjalani ibadah ‘Puasa’ hari ini dengan lebih bermakna dari kemarin..dan bagi yang lain semoga mendapat hidayah tentang kebesaran Islam. Amien..
Pagi ini aku ingin menceritakan tentang aku dan putriku yang kemarin tak bisa bangun untuk makan sahur..inilah serba serbi Ramadhan yang ingin kuceritakan kepada Anda…
Siang harinya, ketika kubuka lemari pakaian hendak mengambil sesuatu, tiba-tiba kulihat semut merayap diantara baju-bajuku. Secara spontan kusibakkan tumpukan lipatan baju kemana iring-iringan semut itu menuju.Subhanallah..ternyata diantara tumpukan baju-bajuku telah menjadi sarang mereka..
Ribuan telur mereka ada disana. Putih kecil-kecil berbentuk panjang oval. Sebenarnya tak begitu penting bagiku mereka hendak bersarang dimana, karena mereka sama-sama makhluk Allah yang butuh tempat untuk tinggal.Namun ketika mereka memilih bersarang diantara baju-bajuku yang kupakai setiap harinya, tentu aku tak mau jika nantinya kulitku mejadi gatal kena kulit mereka yang sepertinya mengelupas setelah bertelur.
Akhirnya bagian yang mereka jadikan tempat untuk bersarang kuturunkan satu persatu. Dan kubersihkan lemari dari sarang mereka dan memohon ampun kepada Allah bila perbuatanku ini berdosa. Juga aku meminta maaf kepada kerumunan semut-semut yang sarangnya kubongkar tersebut. Yah dengan sangat terpaksa hal ini kulakukan karena sudah mengganggu ketenanganku. Namun aku berusaha agar tidak sampai membunuh mereka satupun dengan sengaja maupun tidak.
Selesai sudah aksi pembersihan sarang semut dari lemari pakaianku. Alhamdulillah tak ada lagi seekor semut pun di lemari pakaianku. Lalu kutaburi kapur barus baru diantara baju-bajuku agar mereka tak kembali lagi disini. Rupanya kegiatan membongkar lemari pakaian ini cukup menguras energiku. Aku menjadi lemas. Maklum aku baru saja sembuh dari sakit tipes. Alhamdulillah puasa berhasil kuselesaikan hingga berbuka.
Malam harinya..Entah kenapa tiba-tiba ada satu semut yang merambat di jilbabku, dan ketika kutepiskan, malah masuk ke dalam mataku. Pedihnya bukan buatan hingga beberapa lamanya mataku tak bisa kubuka. Seperti semut itu masih ada di dalam dan tak mau keluar.. Astaghfirullahaladziim.. Aku istighfar berkali-kali..ini pasti ada hubungannya dengan membongkar sarang semut yang kulakukan siang harinya..
Kegiatan ibadah malam itu jadi benar-benar terganggu..meskipun masih bisa menjalankan sholat tarawih, namun konsentrasi benar-benar menjadi terganggu. Membaca Al Qur’an jadi terlewatkan karena mata terus mengeluarkan air dan sangat pedih rasanya, tidak bisa melihat huruf-huruf dengan benar lagi. Aku benar-benar mohon ampun kepada Allah atas perbuatan membongkar sarang semut yang kulakukan siang hari tadi.
Dan anehnya..
Malam harinya..aku tidur seperti orang mati. Tak mendengar takmir masjid yang biasa membangunkan jama’ah untuk saur, dan tak melihat jam sama sekali ! Astaghfirullahaladziim..Aku terbangun ketika adzan subuh sudah berbunyi..Malam itu terlewatkan semua-semuanya..tak bisa bangun malam, tak bisa tahajjud, tak bisa baca Qur’an, tak bisa berdzikir, tak bisa melewatkan malam dengan barokahnya Ramadhan.. Ya Allah ampunilah dosaku..
Pagi harinya aku juga terpaksa tak kuat menjalani puasa, pertama karena tidak saur tak bisa makan herbal untuk menyembuhkan maag dan tipesku yang belum sembuh total. Dan pagi harinya baru terasa lelah yang luar biasa karena membongkar sarang semut kemarin..Tipesku seperti mau kambuh lagi rasanya, lalu seharian aku berbaring tanpa melakukan kegiatan apapun. Hari itu aku istirahat total. Dan Alhamdulillah sore harinya sudah bisa menyiapkan hidangan berbuka puasa untuk keluarga.. Dan Alhamdulillah mataku juga sudah sembuh, sudah tidak pedih lagi dan tinggal sedikit sakit yang kurasakan. Alhamdulillah aku sudah bisa melakukan kegiatan ibadah Ramadhan kembali seperti hari-hari sebelumnya.Aku menjadi kasihan sekali, pada putriku yang tak semalam lalu tidak makan sahur. Namun Alhamdulillah puasanya tidak batal. Ia terus lanjut, padahal kegiatan disekolahnya hingga sore hari.
Sungguh merupakan kerugian yang tak bisa dinilai dengan apapun ketika kita kehilangan suatu hari untuk bisa beribadah di bulan Ramadhan.
Makanya, bila kita bisa melaksanakan ibadah dengan baik di bulan Ramadhan, itu bukanlah suatu kebetulan semata-mata, namun itu benar-benar Ridho yang Allah berikan kepada manusia yang Di kehendaiNya untuk mendapatkan rahmat dan pahalaNya yang memang DitebarkanNya dengan penuh kasih sayang di bulan Ramadhan. Beruntunglah bagi umat Muslim yang bisa menjalani ibadah di bulan Ramadhan dengan baik. Sungguh suatu anugerah yang tak ternilai, bagi dunia dan akherat.
Selamat Menjalankan Ibadah Ramadhan semoga kita Umat Muslim mendapat maghfirahNya, RahmatNya dan DibebaskanNya dari api neraka. Amin Ya Robb Al Amien…
Alhamdulillahirrobbil’alamien..
Oleh : Niniek SS.


TAGS Serba-Serbi Ramadhan


-

Author

Follow Me